Launching Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan Kota Yogyakarta 2009

Kegiatan Hari Kesatuan Gerak PKK--KB-Kesehatan Kota Yogyakarta 2009 kembali digelar. Pembukaan kegiatan secara resmi dilakukan di Balaikota Sabtu (10/10) oleh Sekda Kota Yogyakarta Drs. Rapingun mewakili Walikota. Mengangkat tema “Kita Tingkatkan Kinerja Kader Dalam Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan Untuk Mencapai Keluarga Kecil Sehat Bahagia Sejahtera”

Pelaksanaan kegiatan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes masih berpedoman pada Buku Pedoman Pelaksanaan Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tahun 2009. Periode kegiatan dimulai pada bulan Oktober 2009 s.d. Desember 2009. Gerakan ini tumbuh dari masyarakat yang dimotori oleh PKK dan didukung oleh instansi terkait yaitu Kantor KB Kota Yogyakarta dan Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta yang dengan terpadu bersama-sama melaksanakan 10 Program Pokok PKK dengan memanfaatkan momentum Hari Kesatuan Gerak PKK-KB-Kes Tahun 2009.

Menurut Ketua Pelaksana HKG PKK-KB-Kes Kota Yogyakarta Tahun 2009, Ny. Dra. Hj. Sri Dadi Wiharti Santoso,M.Si.Apt kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan dan kualitas pelayanan Program KB Kesehatan melalui pemberdayaan masyarakat dan kerjasama lintas sektor dalam Kesatuan Gerak PKK KB Kesehatan. Dengan sasaran Langsung : Tim Pelaksana Kesatuan Gerak PKK-KB-Kesehatan di tingkat kota, kecamatan dan kelurahan di Kota Yogyakarta. Dan sasaran tidak langsung : keluarga, rumah tangga, pengelola dan petugas KB dan kesehatan di wilayah.

Sementara, Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Dyah Suminar mengatakan, Kegiatan ini rutin diselenggarakan secara nasional, dengan berbagai kegiatan di bidang KB, dan Kesehatan. Setiap tahun mempunyai target jelas yang disesuaikan dengan kondisi wilayah Kota Yogyakarta sehingga bisa bersinergi dengan kegiatan lain dan mempunyai kontribusi nyata terhadap pembangunan wilayah. Berbagai prestasi terkait juga telah diraih Kota Yogyakarta, terakhir Kota Yogyakarta terpilih sebagai Kota Layak Anak bulan Juli lalu.

Ditambahkan Ibu Dyah, dalam waktu dekat ini PKK Kota Yogyakarta juga akan mendirikan rumah pemulihan gizi, sebuah tempat konsultasi gizi sekaligus tempat penitipan anak dengan masalah gizi. Juga akan didirikan TPA (Tempat Penitipan Anak) di komplek Balaikota. Selain itu kegiatan PKK yang terbaru akan dilaksanakan adalah pemilihan kampung hijau sehat layak huni. (ism)