Walikota Ikuti Jalan Sehat Semaki Beraksi 2009

Semakin meriah acara jalan sehat Semaki Beraksi 2009 saat Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto melepas jalan sehat bahkan turut berjalan bersama warga Semaki. Rute jalan sehat tersebut adalah, start di Balai RK Semaki Kulon, Jalan Kapas, Kelurahan Semaki, Jl Cantel, Stadion Mandala krida dan kembali ke Balai RK Semaki Kulon. Jalan sehat yang menempuh jarak 5 km tersebut selain mengambil rute jalan besar juga memasuki gang-gang kampung. Peserta jalan sehat pada Minggu (11/10) pagi itu sekitar 2 ribu peserta.

Dalam perjalanan sehat walikota juga berpesan kepada warga untuk menjaga kebersihan lingkungan dan gemar melakukan penghijauan. Warga akan terhindar dari wabah penyakit saat lingkungannya lebih bersih dan higienis. Saat melihat tembok yang telah dicat bersih juga diberikan alternatif muralisasi untuk menambah segar pandangan.

Diutarakan oleh Ketua Panitia, Drs Kamtijo, kegiatan ini merupakan bukti kesadaran warga untuk menjaga kesehatan, karena mengerti bahwa di dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Dengan tubuh dan jiwa yang sehat, aktivitas dalam berkarya menjadi tidak terganggu. Warga Semaki ingin menggalakkan pola hidup bersih dan sehat dengan juga dicanangkannya PHBS oleh Walikota Yogyakarta. Sebelum dan setelah acara jalan sehat secara simbolis Walikota Yogyakarta mencuci tangan bersama anak-anak di tempat yang telah disediakan.

Puncak perayaan HUT adalah Minggu malam saat digelar gebyar seni. Sebelumnya juga telah dilaksanakan lomba-lomba seperti senam bugar lansia dan pidato bahasa jawa. Sebagai juara senam bugar lansia adalah RW 10 dengan hadiah tropi dan bingkisan yang diserahkan Walikota Yogyakarta. Dana kegiatan tersebut berasal dari warga Semaki dalam rangka ikut memeriahkan HUT Kota Yogyakarta. Kegiatan olah raga tersebut juga di meriahkan Tari PAUD, Kesenian Thek-thek Laras Budaya dan pembagian Door Prize. Walikota menambahkan hadiah door prize 1 buah sepeda gunung selain sebuah sepeda gunung yang telah disediakan panitia sebagai hadiah utama. Turut hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Bagian Kesmas dan Gender, Kepala Bagian Tata Pemerintahan, Camat Umbulharjo dan Lurah Semaki Pemerintah Kota Yogyakarta. (byu)