TMMD IMBANGAN KE-83 DI KOTA YOGYAKARTA DIMULAI

Pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Imbangan ke 83 Tahun 2009 Kodim 0734/YKA di Wilayah Kota Yogyakarta dimulai. Pembukaan pelaksanaan TMMD ini dilaksanakan di Lapangan Parkir Abubakar Ali oleh Komandan Kodim 0734/YKA Letkol Inf. Arudji Anwar , Jumat (9/10). Turut hadir dalam pembukaan TMMD ini Wakil Walikota Yogyakarta H Haryadi Suyuti, Kaplotabes Kota Yogyakarta, Kombespol Agus Sukamso, SH , serta Muspida Kota Yogyakarta.

TMMD kali ini mengambil tema Melalui TNI Manunggal Membangun Desa Kita Tingkatkan Kebersamaan Dalam Memberdayakan Masyarakat Desa Guna Meningkatkan Akselerasi Pembangunan di Daerah Dalam Rangka Mewujudkan  Wilayah Yang Tangguh Dalam Rangka Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa.

Panglima Kodam IV Diponegoro, Mayjen Haryadi Soetanto dalam sambutannya yang dibacakan Komandan Kodim 0734/YKA Letkol Inf, Arudji Anwar  mengatakan, TMMD ini dilaksanakan dalam rangka membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan rakyat yang sarat dengan misi menyiapkan kepentingan bela negara.

Ditambahkan, TMMD ini merupakan salah satu bentuk kepedulian TNI untuk memotivasi masyarakat agar bahu membahu dan berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan berbangsa dan bernegara.

Sementara itu, Komandan Satuan Setingkat Kompi Kapten Inf. Tumadi dalam laporannya menjelaskan, pelakanaan TMMD Imbangan ke 83 di Kelurahan Tegalpanggung, Danurejan ini akan dilaksanakan selama 21 hari mulai tanggal 9 s.d 29 Oktober 2009 mendatang. Sasaran kegiatan dalam TMMD Imbangan Ke 83 ini yakni, pembuatan Talud Bronjong sepanjang 92 M, Rehab rumah 5 Unit, Rehab MCK 3 unit, Rehab Masjid 1 Unit.

Sementara itu untuk sasaran non fisik berupa penanggulangan penyakit demam berdarah dari Dinas Kesehatan, Sosialisasi Penanggulangan Limbah, kebersihan dan sampah dari Badan Lingkungan Hidup, Sosialisasi Perda PKL dari Dinperindakoptan, Sosialisasi Penyakit Masyarakat dari Poltabes dan Sosialisasi Bela Negara dari Kodim 0734/YKA serta Sosialisasi tentang Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) dari Kantor Pemberdayaan Perempuan Kota Yogyakarta.

Dijelaskan pula, sumber dana dalam kegiatan TMMD Imbangan ini berjumlah Rp 249.365.750,- berasal dari APBD Propinsi DIY sebesar Rp 50.000.000, dan APBD Kota Yogyakarta Rp 199.365.750,- Dalam pelaksanaannya, TMMD Imbangan ke 83 melibatkan unsur TNI dan masyarakat, dari unsur TNI antara lain 3 SST Kodim sejumlah 75 orang, 1 Regu Yonif 403 sejumlah 10 orang, Kompi Kavaleri2/Serbu 5 orang, TNI AL 5 orang, TNI AU 5 orang, Poltabes 5 orang, 1 tim tukang Kodim 0734/YKA 10 orang, Tim Kesehatan 2 orang. Sementara itu dari unsure masyarakat melibatkan Menwa 10 orang/hari Minggu dan masyarakat 20 orang/hari.