KOTA JOGJA RAIH JUARA  PORPROV X 2009

Kontingen Kota Yogyakarta berhasil keluar sebagai juara umum Porprov DIY X 2009 dengan meraih 145 emas, 123 perak dan 138 perunggu. Sementara posisi runner up ditempati kontingen kabupaten Bantul dengan 123 emas, 105 perak dan 118 perunggu. Disusul posisi ketiga kontingen Kabupaten Sleman dengan meraih 107 emas, 121 perak, dan 127 perunggu, peringkat keempat ditempati Kabupaten Kulon Progo yang meraih 26 emas, 38 perak dan 61 perunggu. Sedangkan posisi jurukunci ditempati Kabupaten Gunungkidul dengan raihan 6 emas, 17 perak, dan 29 perunggu.

Porprov X yang diselenggarakan dalam 2 tahapan, yaitu tahap I pada 1-7 Agustus 2009, dan tahap II pada 1-7 oktober 2009 ini memperebutkan medali sebanyak 403 emas, 403 perak, dan 504 perunggu. Secara resmi Porprov ditutup oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Prop DIY, Drs Tavip Agus Rayanto, Msi di Stadion Mandala Krida Yogyakarta, Rabu (7/07).

Acara penutupan berlangsung cukup meriah dengan pesta kembang api yang sangat memukau serta penampilan marching band dari Akademi Angkatan Udara. Dihadiri oleh Walikota Yogyakarta Herry Zudianto, Wakil Walikota Haryadi Suyuti, Ketua KONI DIY GBPH Prabukusumo, perwakilan kepala daerah serta warga masyarakat.

Gubernur DIY dalam amanah yang disampaikan Tavip Agus Rayanto, memberikan ucapan selamat kepada Kota Yogyakarta yang keluar sebagai juara umum. Penyelenggaraan Porprov di Kota yogyakarta ini dapat dikatakan berakhir dengan sukses, dengan suasana yang cukup kondusif, sehingga pertandingan berjalan dengan lancar. Sukses ini tidak akan dapat diraih tanpa sinergi dan kerjasama yang baik dari berbagai pihak. “Saya ucapkan selamat, semoga kemenangan ini bias menjadi kado yang indah bagi Kota Yogyakarta yang pada hari ini berulangtahun ke-253. Semoga prestasi ini terus dijaga dan ditingkatkan,”ujar Tavip.

Sementara Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti selaku ketua panitia penyelenggara mengatakan, Porprov sebagai event tahunan telah menjadi ajang olah raga bergengsi sekaligus menjadi barometer pembinaan dan perkembangan olahraga di DIY. Dari penyelenggaraan Porprov X diharapkan semakin memacu dan menyemarakkan pembinaan olahraga sekaligus menjaring atlet potensial yang akan dipersiapkan untuk ajang PON XVIII tahun 2012 di Riau mendatang. (ism/hg/mt)