ULTAH  KOTA JOGJA KE 253 KARYAWAN PEMKOT KENAKAN  PAKAIAN ADAT JAWA

Hari Ulang Tahun Kota Jogyakarta ke-253 Kota Yogyakarta diperingati  Walikota  H. Herry Zudianto dan Karyawan Pemkot Yogyakarta dengan upacara apel karyawan di kompleks Balaikota Yogyakarta, Rabu, (07/10).

Walikota, Wakil Walikota dan semua karyawan baik pejabat stuktural maupun staf  mengenakan busana adat Jawa. Aba-aba yang diberikan juga menggunakan bahasa bahkan Walikotapun  menggunakan bahasa Jawa dalam memberi kata sambutan. 

Walikota dalam sambutannya mengatakan Kota Yogyakarta memiliki sejarah panjang . Dalam perjalanan panjang sejarahnya  kota Yogyakarta  telah banyak meraih predikat dan penghargaan . Walikota mengajak para karyawannya  untuk berbangga  dengan pengharaggan ini  karena menurutnya tidak semua orang dapat memiliki kesempatan untuk mengabdi di Kota Yogyakarta. Walikota juga mengajak para karyawannya untuk meningkatkan kewajibanya mengabdi bagi masyarakat kota Yogyakarta terus menerus ditingkatkan semangat mengabdi ini.  “Mangga jejibahan ingkang sampun kita laksanaken  dumugi sak menika sageto  kita tingkataken,” ujar Walikota.

Walikota juga berharap para karyawan di lingkungan Pemkot Yogyakarta menjadi contoh  dan teladan  bagi masyarakat Kota Yogyakarta. Karyawan Pemkot juga diharapkan untuk dapat melestarikan budaya  dan kearifan lokal yang ada di masyarakat Yogyakarta.

Menanggapi apel karyawan dengan mengenakan pakaian adat Jawa di HUT Kota Yogyakarta, Walikota mengatakan  di era globalisasi sekarang ini peringatan ulang tahun harus dimaknai sebagai sebuah kekuatan yang  tidak  boleh  tercabut dari akar budaya  darimana kita berasal . Justru dengan kekuatan akar budaya ini  kita akan lebih mampu menghadapi tantangan   era globalisasi dengan lebih  percaya diri. “ Karena sesungguhnya kita  merupakan bagian  dari  bangsa yang bermartabat. Salah satu  ciri orang yang bermartabat adalah punya identitas yang  membedakan  siapa  dirinya dengan  yang lain.  Dengan identitas itu  dia mampu menjadi  bagian dari warga dunia ini,” terang Walikota.

Walikota berharap tradisi mengenakan pakaian adat Jawa oleh karyawan Pemkot Yogyakarta terus dilestarikan meskipun dirinya nanti tidak menjabat Walikota lagi.

Pada kesempatan itu pula, Walikota mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kota Yogyakarta yang tahun ini genap berusia 253 tahun dengan mengajak para karyawan menyanyikan lagu Selamat Ulang Tahun dan lagu Bagimu Negeri sebagai perwujudan dari pengabdian karyan Pemkot kepada nusa dan bangsanya.

Usai pelaksanaan apel karyawan, semua karyawan kembali beraktivitas seperti biasa dengan masih menggunakan pakaian adat.(@mix)