BEASISWA UNTUK  SISWA BERPRESTASI

Sebanyak 536 siswa berprestasi jenjang SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK se-Kota Yogyakarta menerima beasiswa Prestasi Akademik dari APBD Kota Yogyakarta 2009 sebesar Rp.396.100.000,- (tiga ratus sembilan puluh enam juta seratus ribu rupiah). Penyerahan beasiswa akan dilakukan oleh Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto di Ruang Utama Atas Balaikota, Selasa (06/10) mendatang.

Beasiswa Prestasi Akademik Jaminan Pendidikan Daerah ini diberikan kepada siswa Kelompok Pemegang Kartu Menuju Sejahtera (KMS) dan Non KMS di 45 Kelurahan se-Kota Yogyakarta yang telah menyelesaikan studi pada satuan jenjang pendidikan. Pada masing-masing kelurahan tersebut diberikan beasiswa prestasi akademik peringkat 1 dan 2 kepada masing-masing lulusan jenjang pendidikan. Pada jenjang SD/MI sebanyak 4 siswa, jenjang SMP/MTs sebanyak 4 siswa, jenjang SMA/MA sebanyak 4 siswa, dan jenjang SMK sebanyak 4 siswa.

Menurut Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs Syamsury,MM, Dana yang tersedia dalam APBD 2009 ini sebanyak 540 juta rupiah, dari jumlah tersebut terserap 396,1 juta atau 73,3 %. “Peserta didik lulusan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK yang mengajukan berkas calon penerima sebanyak 2012 orang, tetapi sesuai kuota yang ditentukan hanya 536 orang yang dinyatakan sebagai penerima beasiswa prestasi akademik tahun pelajaran 2008/2009,” jelasnya.

Ditambahkan oleh Syamsury, Peserta didik yang berhak mengajukan beasiswa prestasi akademik ini adalah lulusan SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA dan SMK tahun pelajaran 2008/2009 yang memiliki Surat keterangan Hasil Ujian Nasional (SKHUN)/Surat Keterangan Hasil Ujian Akhir Sekolah Berstandar Nasional (SKHUASBN). Mereka juga harus terdaftar sebagai anggota keluarga dalam Kartu Keluarga / C1 orangtuanya yang membuktikan domisili peserta didik yang bersangkutan, atau terdaftar sebagai anggota keluarga dalam Kartu Menuju Sejahtera (KMS) orangtuanya bagi yang memiliki.

Sementara salah satu orangtua penerima beasiswa, Istiqomah Nur’aini merasa sangat bersyukur dengan adanya perhatian khusus dari Pemkot Yogyakarta kepada siswa-siswa berprestasi. “Program ini sangat membantu meringankan beban orangtua dalam pembiayaan pendidikan. Semoga hal ini dapat lebih memacu semangat belajar dan prestasi siswa di Kota Yogyakarta yang akan berdampak besar bagi peningkatan kualitas pendidikan,” ujar orangtua dari Nursia Hanis Latifah siswa berprestasi tingkat SMP dari Kelurahan Karangwaru. (isma)