WALIKOTA SYAWALAN DENGAN DINAS PENDIDIKAN

Dinas Pendidikan mengadakan kegiatan Syawalan bersama Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto pada hari Sabtu (26/9) bertempat di Aula SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Walikota yang saat itu didampingi lengkap oleh Wakil Walikota, Sekda, jajaran Asek dan jajaran Staff Ahli bersalaman dan bermaafan dengan pegawai Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta beserta perwakilan guru dan karyawan setiap Sekolah Se-Kota. Karena kegiatan diadakan pada hari Sabtu maka acara dilangsungkan dengan menggunakan bahasa Jawa.

Acara diawali dengan pembacaan Ayat Suci Al Quran beserta artinya. Ikrar Syawalan disampaikan oleh Drs. Maryono, MM, Kepala SM N 8 Yogyakarta yang mengungkapkan permohonan maaf dari segenap keluarga besar Dinas Pendidikan yang diterima langsung oleh Walikota. Dalam sambutannya Herry Zudianto mengungkapkan, "Manusia memang tak luput dari kekurangan dan kesalahan, maka kami juga minta maaf jika ada kesalahan selama ini".

Lebih lanjut Walikota menambahkan bahwa dalam pendidikan, SDM menjadi unggul bukan karena fasilitas yang tersedia tetapi sebenarnya adalah karena adanya tekad. Maka dalam setiap kualitas kerja yang membedakan adalah dengan hati yang tidak hanya mempedulikan waktu kerja tetapi juga manfaat pekerjaan nanti contohnya apakah komunikasi dapat berlangsung dengan baik. Walikota mengajak berjihad dengan bersungguh-sungguh saat bekerja. Siswa jangan cuma dihakimi tetapi dikenali dan dididik lebih kuat.

"Betapa pendidikan sesungguhnya adalah tugas berat tapi mulia. Para guru bukan hanya akan mengotak-atik bangunan mati tetapi sesuatu yang penuh dimensi dengan kompleksitas luar biasa. Murid memiliki intelektual, emosi dan spiritual yang harus diasah bukan hanya karena hafalan tetapi adanya usaha dan pemahaman akan maknanya", demikian ungkap Herry Zudianto dalam sambutannya. (byu)