MINI PABRIK  PT SARI HUSADA HADIR DI TAMAN PINTAR


Sebagian kita mungkin sudah mengenal produk susu pertumbuhan yang diberi nama SGM3 dan SGM4.  Tetapi pernahkah kita mengetahui proses pembuatan produk-produk Susu pertumbuhan yang diperuntukan bagi anak ini?
Untuk memberi pemahaman kepada masyarakat bagaimana proses pengolahan susu SGM,  PT.  Sari Husada  yang lahir dan besar di Yogyakarta ini  membuka sebuah wahana edukasi industri pengolahan susu Sari Husada  yang diberi nama Mini Pabrik atau miniplant . Mini pabrik ini terletak di Gedung Kotak Lantai II  Taman Pintar Yogyakarta.
Di dalam Wahana Mini pabrik  berukuran 5,8 x 8,5 meter persegi ini pengunjung dapat melihat secara langsung tahapan-tahapan proses pengolahan susu formula dari tahap pemerahan susu hingga produk jadi dan siap didistribusikan.
Mini pabrik Sari Husada yang Sabtu, (15/08) diresmikan Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto ini, menyediakan alat peraga berupa replika sapi perah dan replica mini pabrik.  Replika sapi perah dimaksudkan  membei pembelajaran bai anak-anak tentang proses pemerahan susu sapi sebagai bahan baku utama pembuatan susu formula. Sedangkan replica mini pabrik bertujuan memberikan pembelajaran tentang proses produksi pada industri pengolahan susu.
Dengan mengambil diasi asli dari pabrik produksi PT. Sari Husada dalam mini pabri ini pengunjung diajak melihat gambaran tentang PRESINUTRI SGM (Pusat Riset Inovasi Nutrisi ) yang terdiri dari  Miniatur Pusat Riset dan Pengembangan  dimana pengunjung melihat simulasi tahapan riset pembuatan susu pertumbuhan dengan formulasi nutrisi tepat termasuk menambahkan rasa dan aroma. Selain itu ada simulasi tahapan  uji coba dimana produk akan dites oleh masyarakat umum tentang cita rasa produk. Dilanjutkan dengan simulasi uji klinis untuk mengetahui kualitas,  kemanan dan ketepan nutrisi  yang dibutuhkan. Di dalam mini pabriini juga ada miniature laboratorium kimia, fisika, mikrobiologi pathogen dan nonpatogen  serta miniature pralatan canggih lainnya.
Preside direktur  PT. Sari Husada Budi Isman mengatakan sebagai perusahan nutrisi yang senantiasa membantu memenuhi kebutuhan nutrisi anak bangsa selama 55 tahun, Pt. Sari Husada ingin mengenalkan kecanggihan proses pengolahan susu pertumbuhan  kepada masyarakat. Untuk itu Pt. Sari Husada bekerja sama dengn emkot Yogyakarta  mengahdirkan wahana pendidikan dan hiburan terbaru di Taman Pintar. Menurutnya wahana ini merupakan satu-satunya wahana yang dibuat PT. Sari Husada di Yogyakarta dan tidak ada di tempat lain di Indonesia.
Sementara itu Walikota Yogyakarta H. Herry Zudianto  menyampaikan rasa terima kasihnya kepada PT. Sari Husada yang sejak awal pendirian Taman Pintar sudah mendukung penuh Taman Pintar.  Berkaitan dengan hadirnya mini pabrik di Taman Pintar Walikota sekali lagi memberikan apresiasi yang  tinggi kepada PT. Sari Husada . Herry berharap  dengan adanya wahana baru berupa mini pabrik pengolahan susu formula  ini masyarakat  Yogyakarta dan khususnya anak-anak  mendapatkan pengetahuan baru serta gambaran mengenai proses pengolahan susu yang berkualitas.” Apa yang didapat anak di sekolah dalam berbagai mata pelajaran  di sekolah seperti IPA, Kimia, dan Fisika dapat diaplikasikan dalam wahana ini. Melalui wahana ini anak akan dapat mempelajari secara aplikatif proses kimiawi yang disebut dengan sterilisasi ataupun pasterurisasi,” ujar Herry. @mix)