WALIKOTA  YOGYAKARTA LAUNCHING  LINTAS WINONGO

Walikota Yogyakarta melakukan lounching Lintas Winongo bertempat di Balai RT 49 RW 11 Badran Kelurahan Bumijo Kecamatan Jetis Minggu (26/7). Lintas Winongo adalah adalah sebuah Paguyuban pemerhati dan pemelihara Sungai Winongo di wilayah Kelurahan Bumijo. Lintas berarti Lingkungan Indah Tanpa Sampah. Di samping itu pada kesempatan yang sama Walikota juga menjadi nara sumber pada acara sarasehan berkaitan dengan kebijakan Pemerintah Kota dalam pengelolaan Sungai Winongo. Hadir sebagai nara sumber yang lain adalah Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arif Noor Hartanto, SIP, Ketua Paguyuban Code dan Ketua Paguyuban Winongo Asri Drs. Noorhadi Raharjo, MSi. Sarasehan yang berlangsung sangat dinamis dan menarik itu di moderatori oleh Gunardi, SH. Pejabat yang hadir adalah Kepala Bappeda Kota Yogyakarta, Kepala Dinas Kimpraswil Kota Yogayakarta, Camat Jetis dan Lurah Bumijo. Diundang dalam sarasehan itu adalah tokoh-tokoh masyarakat setempat yang berjumlah  100 orang.

 

Pada kesempatan pertama Ketua DPRD Kota Yogyakarta mengungkapkan bahwa dirinya akan senantiasa memperhatikan dan mengutamakan program kebijakan yang berkaitan dengan Sungai Winongo baik di DPRD Kota maupun pada saatnya nanti ketika bertugas sebagai DPRD Propinsi DIY. Sedangkan Walikota Yogyakarta menjelaskan bahwa hidup manusia harus senantiasa mengaji bukan hanya Alqur’an secara tekstual tetapi juga mengaji ayat-ayat Allah berupa bentangan alam semesta termasuk Sungai Winongo. Untuk itu Walikota mengharapkan adanya keterpaduan pelaksanaan pembangunan yang berbasis pada pemberdayaan masyarakat, yaitu membagi kesanggupan dan kesepakatan antara masyarakat dengan Pemerintah. Dengan demikian pelaksanaan dan keberhasilan sebuah kebijakan akan sangat tergantung baik dari Pemerintah maupun kesanggupan dan kesungguhan masyarakat. Pada kesempatan itu Walikota juga meminta komitmen atau kesanggupan warga masyarakat untuk saling bahu membahu dan bekerja sama dengan pemerintah, dengan menanyakan langsung kepada warga dan tokoh masyarakat yang hadir yang kemudian disambut dengan aklamasi warga masyarakat yang mengatakan sanggup untuk berperan aktif dalam pembangunan.

Setelah sarasehan selesai acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai tanda launching Lintas Winongo. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh Camat Jetis kemudian diberikan kepada Walikota Yogyakarta untuk kemudian diberikan kepada Ketua Paguyuban Lintas Winongo Ny Suparti. Sebagai awal dan simbol bahwa Sungai Winongo harus mendapatkan perhatian khusus dan lebih baik lagi adalah dengan dilakukan tebar benih ikan oleh Bapak Walikota Yogyakarta, setelah itu acara ramah tamah santai antara Walikota dengan para pejabat yang hadir dan tokoh serta masyarakat setempat yang berlangsung sangat akrab.