SENIMAN LIMA BENUA KUNJUNGI TAMAN PINTAR

Sabtu, (01/08), Taman Pintar Mendapatkan kunjungan dari seniman Internasional yang berasal dari lima benua, seniman lokal, serta beberapa komunitas kreatif. Negara-negara tersebut diantaranya adalah Jepang, Amerika, Austria, Australia, Jerman dan masih banyak lagi. Mereka adalah peserta dari Cellsbutton #3: Circle Cells! (Yogyakarta International Media Art Festival).

Dalam acara tersebut Mereka disambut oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs. Syamsuri, yang mewakili Walikota Yogyakarta. Di ruang Auditorium Taman Pintar dilakukan diskusi antara peserta dengan perwakilan dari Taman Pintar serta Pemerintah Kota Yogyakarta. Dalam diskusi tersebut disampaikan ucapan terima kasih serta selamat datang bagi para peserta, yang berasal dari berbagai negara. Drs. Edy Heri Suasana, selaku Kepala UPT. Taman Pintar mengungkapkan, Taman Pintar adalah salah satu program pemerintah untuk memberikan wadah bagi anak dalam bermain dan belajar.

Disamping itu program pemerintah lainnya adalah pembuatan strategi dalam upaya peningkatan SDM dan selanjutnya adalah meningkatkan program langit biru. Dalam diskusi tersebut Bp. Edy Heri Suasana banyak menjelaskan tentang content dan materi di Taman Pintar. Beliau menjelaskan bahwa Taman Pintar telah memiliki materi pembelajaran yang dibuat bersama oleh Dinas pendidikan serta mengajak Kepala Sekolah baik SD, SMP, hingga SMA. Seusai acara diskusi peserta diajak untuk berkeliling di berbagai wahana yang ada di Taman Pintar. Mereka terlihat sangat menikmati dan cukup surprised dengan berbagai wahana attractive yang ditampilkan di Taman Pintar.

Cellsbutton adalah sebuah Festival yang diselenggarakan oleh HONF (The House of Natural Fiber). Acara ini dilatarbelakangi oleh kepedulian HONF akan bidang pemberdayaan dan pengembangan art, science, technology, dan society. Para peserta yang mengikuti acara Cellsbutton ini akan sibuk dengan berbagai kegiatan seperti workshop dan presentasi karya di beberapa sekolah serta perguruan tinggi, riset teknologi, pertunjukan musik, diskusi mengenai teknologi generik dalam kehidupan sehari-hari, dan yang tak terlewatkan mereka akan mengunjungi berbagai tempat wisata yang ada di Yogyakarta. Tujuan dari diselenggarakannya acara Cellsbutton ini adalah untuk saling bertukar pengetahuan dalam bidang seni dan teknologi antar peserta, dan masyarakat luas, mendapatkan perspektif baru mengenai seni dan teknologi, serta regenerasi pelaku dan peminat media art di tanah air.(ra)