PUNCAK PERINGATAN HARI ANAK NASIONAL 2009

Wakil Walikota Yogyakarta, Haryadi Suyuti membuka acara peringatan Hari Anak Nasional 2009 dengan tema Aku Anak Indonesia Kreatif, Inovatif, dan Unggul untuk Menghadapi Tantangan Masa Depan bertempat di halaman Kantor Balaikota Yogyakarta, Sabtu (01/08). Acara yang diselenggarakan oleh Forum Pendidik Anak Usia Dini (PAUD) Kota Yogyakarta dan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta ini diikuti oleh 1.218 anak-anak se-Kota Yogyakarta, dihadiri pula oleh Tim Penggerak PKK Kota Yogyakarta, pendidik PAUD, Wakil Dinas Pendidikan, perwakilan dari 45 kelurahan se Kota Yogyakarta.

Wakil Walikota Haryadi Suyuti dalam sambutannya berharap anak-anak Kota Yogyakarta dapat mengikuti kegiatan ini dengan penuh semangat dan keceriaan sehingga akan mengembangkan potensi, kreativitas dan kesehatan jasmani. Dengan tumbuh kembangnya bakat dan potensi saya berharap anak-anakku akan menjadi geberasi penerus bangsa, pewaris cita-cita perjuangan bangsa dalam mengisi dan melanjutkan pembangunan.

Sementara Ketua Panitia Hj. Tri Kirana Haryadi Suyuti, menyampaikan tujuan dari diselenggarakannya acara tersebut sebagai puncak kegiatan PAUD, memberikan motivasi kepada masyarakat agar kegiatan PAUD di wilayah dapat lebih bersemangat dan tetap berkelanjutan, selain itu terdapat kegiatan workshop yang bertujuan untuk memperkenalkan belajar yang menyenangkan dan bersosialisasi, memperkenalkan pada anak usia dini tentang proses belajar, melakukan kegiatan untuk menjajaki bakat dan kemampuan, dan mengetahui serta mengembangkan potensi dini.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pelepasan balon sebagai tanda peresmian Peringatan HAN oleh Wakil Walikota Yogyakarta. Serta pemberian penghargaan kepada 14 pendidik PAUD berprestasi tingkat Kecamatan Yogyakarta. Penerima penghargaan tersebut diantaranya Tin Widaryati (Kec. Wirobrajan), Sumarmini (Kec, Gondomanan), Sri Sukaesih (Kec.Danurejan), Sri Koen Setiati (Kec.Gondokusuman), Siti Darwiyati (Kec.Umbulharjo), Suhasti (Kec.Jetis), Herni Wiryadani (Kec.Kraton), Darwiyati (Kec.Gedongtengen), Nur Arwiyah (Kec.Mergangsan), Ririn Suharyati (Kec.Pakualaman), Siti Rahayuningsih, Susilah (Kec.Mantrijeron), Karmiati (Kec.Tegalrejo), Yoshepin Pintawardana (Kec.Kotagede).

Adapun berbagai macam kegiatan lain dalam acara tersebut diantaranya bernyanyi bersama diatas panggung, penampilan anak dari lembaga PAUD serta mendengarkan dongeng, selain itu terdapat workshop kreativitas yakni; sentra tradisional, melukis, dan membentuk dari tanah liat. Workshop ini bertujuan untuk memperkenalkan belajar yang menyenangkan dengan bersosialisasi, memperkenalkan anak usia dini tentang proses belajar dan menjajaki bakat dan kemampuanya, serta untuk mengetahui dan mengembangkan proses dini. (vi/put/ism)