PDAM TIRTAMARTA YOGYAKARTA ULTAH KE-40

Perusahan Daerah Air Minum Tirtamarta Kota Yogyakarta, tanggal 1 Agustus 2009 genap berusia 40 tahun. Peringatan hari PDAM ke – 40 ini ditandai dengan upacara  apel bendera yang dilaksanakan di halaman kantor PDAM Tirtamarta Jl. W. Monginsidi No. 3 Yogyakarta Sabtu, (01/08).  Sekda Kota Yogyakarta, Drs. H. Rapingun mewakili Walikota Yogyakarta, H. Herry Zudianto, bertindak sebagai inspektur pada upacara yang diikuti karyawan PDAM serta tamu undangan ini.

Walikota dalam sambutannya yang dibacakanDrs. H. Rapingun menyampaikan ucapan selamat dan sekaligus berharap PDAM  Tirtamarta  senantiasa menjalankan visi dan misi perusahan. Dikatakan, hari bhakti ini selayaknya dijadikan momentum membulatkan tekad untuk meningkatkan kualitas kinerja seluruh jajaran PDAM Tirtamarta  guna menghasilkan pelayanan yang memuaskan  bagi masyarakat dan momentum ini dijadikan wahana instropeksi dan evaluasi sejauh mana perjalanan dharma bhakti PDAM selama ini.

Walikota menambahkan permasalahan dan tantangan  seperti kebocoran air bersih yang disebabkan  perpipaan yang tua merupakan permasalahan yang menuntut perhatian lebih dari PDAM Tirtamarta. Juga, penambahan debit air serta penambahan jumlah pelanggan juga menjadi permasalahan  tersendiri, mengingat  jumlah sumur dangkal di kota Yogyakarta  kurang lebih 36.000 buah dengan asumsi 1 sumur melayani 10 orang. “ Ini berarti sejumlah 360.000 orang di kota Yogyakarta terlayani air sumur dangkal,” tambahnya. Permasalahan lain  seperti pencemaran bakteri coli pada sumur warga, juga diharapkan  menjadi prioritas PDAM Tirtamarta.

Walikota juga berharap peningkatan pelayanan kepada masyarakat  diimbangi dengan  upaya peningkatan pengelolaan usaha yang professional, efektif, efisien dan transparan yang didukung manajemen yang visioner.  Selain itu PDAM Tirtamarta diharap mampu mendengar keluh kesah pelanggan, mampu menerma kritikan serta mampu menjawabnya dengan aksi nyata.

Untuk meningkatkan kualitas air bagi pelanggan, PDAM Tirtamarta telah membanguan instalasi penegelolaan air (IPA) di Bedog, Karanggayam, Gondokusuman, dan Gemawang. PDAM Tirtamarta juga secara kontinyu melakukan pemeriksaan air bekerjasama dengan instansi terkait.

Walikota juga menyampaikan apresiasinya terhadap PDAM Tirtamarta yang kembali mendapat predikat baik dengan nilai 69,51 meningkat 3,72 dari tahun 2007 sebesar 65,79.  Laba perusahan PDAM Tirtamarta tahun 2008 juga mengalami peningkatan 3,78 persen atau  Rp. 2,9 milyar dibanding tahun 2007 sebesar Rp. 2,8 milyar. Dari laba ini PDAM Tirtamarta telah menyetor ke Pemkot Yogyakarta sebesar Rp. 1,62 miliyar.

Pada peringatan hari jadinya ke-40 ini PDAM Tirtamarta  memberikan bantuan pendidikan kepada 44 putra – putri  (SD,SMP,SLTA) karyawan PDAM Tirtamarta, 196 orang dari tiga panti asuhan  yakni PA Putra Muhammadyah (114), PA Atap Angin  (62), dan PA Islam Ibadah Bunda (20). Bantuan sembako juga diberikan kepada 150 orang warga yang tinggal di sekitar Sumber Air milik PDAM Tirtamarta. Selain itu,  tiga kelurahan  yakni Gunungketur, Sosromenduran, dan muja-muju juga mendapatkan bantuan berupa stimulan. (@mix)