WAKIL KETUA TP PKK KOTA YOGYAKARTA KUNJUNGI YANDU PLUS KELURAHAN BUMIJO

Ibu Tri Kirana Muslidatun, S.Psi. atau Ibu Ana Haryadi mengunjungi Gelar Yandu Plus di RW 11 Badran Kelurahan Bumijo Kecamatan Jetis Kota Yogyakarta pada Hari Sabtu 25 Juli 2009. Dalam sambutannya beliau mengatakan sangat bangga dan terharu melihat aktivitas masyarakat yang sangat antusias dan kompak serta rukun. Bangga karena di banyak wilayah kegiatan pemberdayaan masyarakat seperti yandu plus, untuk menampilkan berbagai kegiatan yang diperlukan harus melibatkan beberapa wilayah RW namun di Badran RW 11 ini segala kegiatan pemberdayaan masyarakat bisa dicukupi hanya di lingkup satu RW saja. Terharu karena kerukunan warga masyarakat dalam memberikan peran serta pada kegiatan yandu plus tersebut dari Balita, Remaja, Dewasa, hingga Lansia.

Hadir pada kesempatan itu antara lain adalah jajaran Pengurus TP PKK Kota Yogyakarta, Tim Roadshow Yandu, Kepala Kantor KB, petugas dari Dinas Kesehatan, Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan Pertanian dan pendamping dari PT Sarihusada serta pendamping di tingkat wilayah antara lain TP PKK Kecamatan Jetis, Camat Jetis, TP PKK Kelurahan Bumijo, Lurah Bumijo dan Puskesmas Jetis.

Pada Gelar Yandu Plus yang dilaksanakan tersebut menampilkan Administrasi Yandu Balita dan Lansia,  BKB, BKR, BKL, PIKRR, PAUD dan lain-lain. Sedangkan dalam kegiatan selain pelayanan Yandu Balita dan Lansia juga menampilkan kegiatan PIKRR oleh para remaja, taman bacaan Badranaya dan PKBM Griya Mandiri. Para Lansia produktif menampilkan kegiatan kesenian siteran, kegiatan pertanian holtikultura dengan mengolah kotoran ternak kambing menjadi pupuk yang siap pakai dan pembuatan pupuk organic dari sampah dengan komposter. Para lansia juga melakukan aktivitas pembuatan kerajinan tas dari sampah untuk menambah penghasilan keluarga. Selain itu UP2K menampilkan berbagai kegiatan ekonomi antara lain produksi makanan kecil, kerajinan sulam pita, kerajinan membatik, kerajinan pembuatan tas dompet dll serta rencana pengembangan budidaya jamur tiram yang dapat diolah menjadi berbagai menu makanan antara lain di buat sayuran, pepes jamur, kripik jamur dan lain-lain.

Diharapkan dengan peran serta masyarakat yang responsif dalam memberdayakan diri mereka sendiri akan dapat mewujudkan peningkatan kualitas hidup dari sisi ekonomi dan kesehatan sehingga akan mempercepat pencapaian kesejahteraan masyarakat. Demikian Ibu Tri Kirana Muslidatun S.Psi. menambahkan.