MEMBENTUK GENERASI BERKUALITAS DENGAN SCIENCE CENTRE

Walikota Yogyakarta, Herry Zudianto menghadiri seminar nasional yang bertajuk “Menjadikan Taman pendidikan (Science Centre) Sebagai Fasilitas Terpadu Peningkatan Kualitas Pendidikan Masyarakat" di Ruang Mendut, Hotel Saphir Yogyakarta, Rabu (29/07). Acara yang diselenggarakan oleh STIE Mitra Indonesia bekerjasama dengan Pemerintah Kota Yogyakarta dan taman Pintar ini, dihadiri oleh perwakilan dari instansi BAPPEDA Provinsi dan Kota, serta Dinas Pendidikan yang berasal dari Papua Barat, Salatiga, Probolinggo, Bandung, dan Pasuruan.
Acara ini diadakan sebagai wahana bertukar informasi dari beberapa daerah di Indonesia pada bidang pendidikan dari program-program pendidikan di Kota Yogyakarta hingga pada sistem pengelolaan dan manajemen konten program. Menurut Walikota, masing-masing provinsi di Indonesia seharusnya minimal mempunyai satu wahana pembelajaran ilmu pengetahuan yang menyenangkan bagi anak-anak. Tujuannya ialah agar mampu membentuk generasi yang lebih baik sehingga mencapai Sumber Daya Manusia yang berkualitas.
Pada kesempatan ini disampaikan pula mengenai proses pembangunan Taman Pintar yang memakan waktu lebih dari lima tahun, dalam proses pembangunan ini dibutuhkan perencanaan yang matang dan political will, serta manajemen lintas birokrasi. Untuk mengelola Taman Pintar dibutuhkan inovasi baru dalam konten program serta memperbanyak relasi atau sponsor agar pengelolaan Taman Pintar tidak secara keseluruhan mengandalkan APBD.
Selain Walikota Yogyakarta, hadir pula Drs. Syamsuri, MM, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta yang merangkap sebagai Sie. Pengembangan Keprograman Taman Pintar. Beliau menyampaikan mengenai perkembangan paradigma pembelajaran yang sekarang absolutely student centered, penyelenggara pendidikan harus membuka diri terhadap masukan-masukan yang mungkin inkonvensional dan melakukan updating praktek-praktek (best practice) berdasarkan kajian maupun pengamatan demi memperoleh mutu pendidikan yang diinginkan.
   
Acara dilanjutkan dengan sesi diskusi antara peserta dengan narasumber. Dalam diskusi tersebut muncul keinginan dari perwakilan daerah-daerah tersebut untuk juga memiliki Science Centre seperti di Taman Pintar Yogyakarta.(ra/sar)