PERESMIAN LAYANAN PENGURANGAN DAMPAK BURUK PENGGUNAAN NAPZA SUNTIK

HIV dan AIDS di Indonesia merupakan salah satu infeksi menular yang menjadi perhatian Pemerintah Kota Yogyakarta. Kasus HIV sampai dengan bulan April 2009 di Kota Yogyakarta mencapai 700 kasus, sedangkan kasus AIDS mencapai 244 kasus. Ledakan kasus HIV di Kota Yogyakarta dan di Indonesia mulai terlihat sekitar tahun 2000-2002, dimana salah satu faktor utama dari ledakan kasus tersebut adalah berasal dari penggunaan napza suntik dengan menggunakan jarum suntik yang tidak steril dan bergantian antar teman.

 

Mengapa pengurangan dampak buruk penggunaan napza suntik atau yang lebih dikenal dengan Harm Reduction menjadi penting? Hal ini dikarenakan kecenderungan akan infeksi HIV pada pecandu napza suntik, dimana lebih dari 50% kasus HIV di Indonesia adalah disebabkan perilaku penggunaan napza suntik ini. Belum lagi resiko buruk yang mengancam, seperti Hepatitis dan kematian karena Over Dosis. Selama ini program harm reduction sebenarnya sudah mulai berjalan di Indonesia walaupun dengan skala yang terbatas. Namun demikian saat ini program harm reduction telah diperluas hingga ke puskesmas, berupa program terapi rehabilitasi yang komprehensif bagi pecandu napza suntik.

Mengapa di Puskesmas? Ini dikarenakan puskesmas adalah pusat layanan yang terdekat dengan masyarakat. Dengan menempatkan program harm reduction di puskesmas ini maka pecandu napza suntik dapat dengan mudah dan murah mengakses layanan ini, dengan demikian dalam rentang waktu tertentu diharapkan mereka pada akhirnya dapat melepaskan diri dari ketergantungan mereka pada napza itu sendiri. Karenanya untuk melengkapi program penanggulangan AIDS yang sudah ada di Puskesmas sebelumnya, maka pada tanggal 30 dan 31 Juli 2009 yang akan datang Pemerintah Kota Yogyakarta akan meresmikan dua layanan harm reduction di dua Puskesmas di Kota Yogyakarta, yaitu di Puskesmas Umbulharjo I dan Puskesmas Gedongtengen. Kedua layanan ini menurut rencana akan diresmikan oleh Bapak Wakil Walikota Yogyakarta selaku Ketua Bersama

 

Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Yogyakarta dan Badan Narkotika Kota Yogyakarta. Program harm reduction di Puskesmas ini adalah hasil kerjasama Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta, KPA Kota Yogyakarta, BNK Kota Yogyakarta dan HIV Cooperation Program for Indonesia (HCPI).


Waktu dan tempat pelaksanaan :

1.Puskesmas Umbulharjo I
Hari, tanggal : Kamis, 30 Juli 2009
Waktu : 08.30 WIB
Tempat : Puskesmas Umbulharjo I, Jl. Veteran, Yogyakarta

2.Puskesmas Gedongtengen
Hari, tanggal : Kamis, 30 Juli 2009
Waktu : 08.30 WIB
Tempat : Puskesmas Gedongtengen, Jl. Pringgokusuman No. 30, Yogyakarta