PENDAMPING LANSIA LAKUKAN AUTBOND

Komitmen Kota Yogyakarta untuk lebih mensejahterakan masyarakatnya kian terbukti. Pelayanan yang diberikan kali ini dikhususkan pada lansia. Guna memberdayakan lansia yang masih aktif, sehat, mandiri Pemerintah Kota Yogyakarta melalui TP PKK Kota Yogyakarta mengadakan autbond pendamping lansia, bertempat di komplek balaikota Timoho, Selasa (28/07).

Autbond yang melibatkan 118 pendamping lansia yang tersebar di Kota Yogyakarta tersebut diwarnai dengan permainan secara mandiri maupun kerjasama. Autbond ini juga diharapkan dapat sebagi motivasi dan menyemangati, juga pembelajaran kerja kelompok pada lansia, agar Forum lansia maupun paguyuban dan organisasi lansia dapat kompak dan termenit dengan baik, sesuai dengan aturan organisasi dan bermanfaat bagi anggotanya. Dalam kesempatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Kota Yogyakarta Tri Kirana Muslidatun mengatakan, Kegiatan ini merupakan puncak acara pendampingan lansia yang telah dilakukan sebelumnya di Kecamatan.

Pendampingan yang sebelumnya memberikan tentang materi-materi bagaimana lansia dapat hidup sehat dan mandiri, sehat lahir, batin, pikir dan mandiri. “ Ini merupakan bentuk apresiasi kita terhadap forum lansia maupun lansia yang cukup banyak, dari sekitar 43 ribu lansia yang ada di Kota Yogyakarta nantinya dapat sehat dan mandiri. Kita harapkan Forum lansia maupun paguyuban lansia dapat menjadi organisasi yang mengakomodir, mengkoordinasi, kegiatan lansia wilayah,” papar Trikirana.

Kegiatan kelompok lansia diwilayah sangat beragam, minimal masalah senam, akan tetapi kegiatan yang lainnya sudah banyak inovasi-inovasi seperti karawitan dan kesenian-kesenian, pengelolaan perpustakaan lansia, dan kegiatan produktif lainnya. Trikirana berharap, semua kelompok lansia dibawah forum lansia Kecamatan punya inovasi kegiatan cukup beragam, sehingga lansia lebih aktif dan sehat.

Kepada Forum lansia Kecamatan yang kurang dari harapan, Trikirana mengaku telah melaukan pendampingan, pemberian materi dan dimotivasi bekerjasama dengan LPMK, BKM, dan Instansi terkait. “ Kita Juga kerjasama dengan LSM agar pendampingan lebih intensif. Mengenai kesehatan, dari Puskesman memberikan respon yang luar biasa, hal ini dapat kita lihat do Posyandu Lansia, dari dinas kesehatan turun langsung, sehingga lansia tidak perlu pergi jauh-jauh,” tandasnya. (And)